Program Pembelajaran
PROGRAM TB & TK KAI
TKAI menjalankan program belajar tematik, dimana seluruh kegiatan belajar mengacu kepada tema yang berlangsung selama jangka waktu tertentu. Misalnya “Di Desa”, “Mengenal Jenis Pekerjaan”, “Sekolah”, dan lain-lain yang berkaitan dengan kehidupan nyata diseputar lingkungan Anak.
Untuk seluruh tingkatan, dari Taman Bermain sampai dengan TK, Program Dasar TKAI meliputi :
- Latihan motorik kasur dan halus
- Olahraga (senam irama, berenang, outbound &. aneka ketangkasan).
- Dramatisasi, bermain peran.
- Aneka kegiatan kreativitas, daur ulang.
- Panggung boneka.
- Pengenalan flora & fauna.
- Memasak.
- Seni tari, lukis & musik.
- Pengenalan konsep IPA sederhana.
Khusus untuk Taman Kanak-kanak, program kegiatan dibuat berdasarkan kurikulum DikNas yang disesuaikan dengan visi dan konsep Multiple Intelligence serta mengedepankan prinsip belajar sambil bermain.
Kelompok Usia
Taman Bermain Kecil usia 2-3 tahun
Taman Bermain Besar usia 3-4 tahun
Taman Kanak-kanak usia 4-6 tahun
Kapasitas
Adapun untuk kapasitas kelas maksimal 15 orang dengan dua orang guru di setiap kelasnya. Hal ini menjadikan proses belajar mengajar sangat intensif serta memungkinkan dilakukannya pendekatan semi-individual kepada setiap anak.
Fasilitas
1. Ruang bermain (indoor), meliputi:
- Ruang belajar
- Ruang Audio Visual
- Perpustakaan
- Ruang makan
- Ruang serba guna
2. Tempat bermain (outdoor), meliputi:
- Taman yang asri
- Lahan untuk berkebun
- Kebun binatang mini
- Rumah pohon yang unik
3. Alat belajar/berkegiatan yang bersifat knock down, meliputi:
- Peralatan Outbound
- Sarana olah raga
- Panggung
- Miniatur lingkungan luar rumah (warung, bank,dll)
- Miniatur lingkungan dalam rumah (kamar tidur, ruang tamu, dapur, dll)
4. Ruang tunggu untuk pengantar
5. Kantin
6. Kegiatan khusus lainnya
- Konsultasi dengan psikolog apabila diperlukan
- Ceramah/seminar/diskusi untuk para orangtua
- Penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan
- Acara Pentas Seni di akhir tahun yang menampilkan siswa beserta hasil karyanya.
- Kunjungan belajar untuk mengenal secara langsung fasilitas umum, berbagai profesi dan tempat wisata belajar.
Program belajar
Untuk tiap tingkatan usia/kelas, terdapat program dengan fokus khusus yang disesuaikan dengan tahapan perkembangan masing-masing anak, seperti dapat dilihat pada tabel berikut :
PROGRAM SD KAI
Misi SD Kreativitas Anak Indonesia berupaya membantu meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga seluruh aspek dalam diri siswa dapat berkembang optimal. Dengan proses belajar yang menyenangkan dalam rangka pencapaian prestasi belajar yang diharapkan secara maksimal.
Kreatif, cerdas, tangguh dan bebudi pekerti. Adalah visi dari Sekolah Dasar Kreativitas Anak Indonesia (SDKAI). Yang merupakan sekolah lanjutan dari pendidikan nonformal TK Kreativitas Anak Indonesia.
Dengan aneka fasilitas ruang indoor dan outdoor sebagai pilihan sarana/prasarana belajar yang dirasakan nyaman dan dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.
Sekolah diharapkan membuat anak tidak bosan, berminat untuk belajar dan bersekolah, serta seorang siswa haruslah mendapatkan pengalaman yang luar biasa, berupa stimulus yang beragam agar dapat mengoptimalkan semua kecerdasan yang dimiliki. Berdasarkan hal tersebut, maka SD KAI mengacu pada teori Multiple Intelligence dari Howard Gardner yaitu bahwa setiap anak memiliki berbagai kecerdasan. Sehingga tiap anak dapat menjadi cerdas bila stimulasi diberikan sesuai dengan kebutuhan maka potensi yang dimiliki anak dapat tampil dengan optimal.
Maka banyaknya mata pelajaran/materi pengajaran yang diberikan pada siswa tentunya harus disampaikan dengan aneka bentuk kegiatan maupun aktivitas yang menyenangkan, dengan cara-cara/tehnik yang kreatif akan membantu siswa dalam mencapai tujuan belajarnya.
Setiap anak memiliki aneka kecerdasan dan kreativitas yang akan sangat membantunya dalam kehidupan. Orang yang kreatif akan mudah dalam memecahkan masalah-masalah dalam hidup dan menjadi tangguh. Oleh karena itu, SD KAI akan melanjutkan pemberian stimulasi agar kreativitas siswa menjadi terasah dengan menciptakan Kegiatan Belajar Mengajar yang disajikan secara kreatif dan tidak membebani siswa karena program pengajaran disajikan secara integrasi dari mata pelajaran satu dengan lainnya. Siswa akan diajarkan pula Pendidikan Keterampilan Hidup (Life Skill Education) yang akan membuat anak survive di masyarakat.
Kurikulum Merdeka
Program pengajaran SD KAI berpedoman pada Kurikulum Nasional yang dipadukan dengan Multiple Intelligence, Kreativitas dan Life Skill Education.
Struktur Kurikulum SD KAI meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun, mulai dari kelas I sampai dengan kelas VI. Disusun berdasar standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :
- Kurikulum SD KAI memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri.
- Substansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan IPA terpadu dan IPS terpadu.
- Pembelajaran pada kelas I s/dIII dilaksanakan melalui pendekatan tematik. Sedangkan pada kelas IV s/d VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
- Alokasi waktu satu jam pelajaran adalah 35 menit.
- Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 3 minggu.
Fasilitas:
- Ruang Kelas Indoor dan Outdoor
- Arena bermain
- Lapangan Futsal
- Rumah Pohon
- Outbound
- Kolam renang
- Perpustakaan
- Aula
- Kantin