TB: Semesta alam

Semesta alam adalah suatu hamparan atau ruangan yang sangat luas yang tak di ketahui atau tak bayangkan luasnya serta terdiri atas komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik dalam ekosistem adalah manusia, hewan, dan tumbuhan sedangkan yang termasuk komponen abiotik adalah cahaya matahari, batuan, tanah, udara, dan air.

Pada topik semesta alam, ananda TBK diajak Bu Guru membuat kreasi dari tanah liat. “Teman-teman.. Bu Guru punya tanah liat, yuk kita buat kreasi bentuk dari tanah liat.. “Teman-teman bisa buat bentuk binatang, pepohonan, bentuk manusia, bentuk banyak lagi”

“Bu Guru.. aku buat beruang..” “Bu Guru, lihat aku buat pohon dari tanah liat”
Wah menyenangkan ya membuat kreasi dari tanah liat, selain itu juga bermanfaat melatih kemampuan motorik, terutama untuk keterampilan tangan, meningkatkan kreativitas dan imajinasi ananda.

Pagi dan malam adalah bagian waktu dari siklus alam yang disebut sebagai rotasi Bumi.
Untuk mengenalkan waktu pagi dan malam, Bu Guru menyiapkan 1 lembar kertas warna terang untuk pagi hari dan gelap untuk malam hari. Selain itu Bu Guru juga menyiapkan potongan gambar matahari, awan, bulan dan bintang. Ananda TBK menempelkan masing-masing potongan gambar tersebut pada waktu pagi dan malam.
“Bu Guru.. gambar bintang ini adanya saat malam hari ya?..”
“Gambar matahari aku tempel di kertas yang berwarna terang pagi Bu..”
Wah hebat ya ananda TBK sudah bisa membedakan pagi dan malam hari..

MI: Natural, spasial, visual, motorik halus, logika